SEKILAS INFO
22-10-2020
  • 1 bulan yang lalu / Wisuda S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners serta pegambilan sumpah Profesi Ners dilaksanakan secara online Sabtu 19 September 2020
  • 1 bulan yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru Fikes Universitas Muhammadiyah Cirebon masih dibuka sampai tanggal 30 September 2020
17
Agu 2019
0
Field Trip Mahasiswa PSIK Universitas Muhammadiyah Cirebon

Yogyakarta –  Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Cirebon memiliki tujuan untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan upaya-upaya pendidikan tenaga kesehatan dengan meningkatkan srata pendidikan perawat menjadi tenaga perawat yang profesional.

Hal ini dibuktikan dengan latar pendidikan yang tinggi dan profesional diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk membantu menumbuhkan dan membina sikap dan keterampilan profesional yang diperlukan sebagai seorang perawat profesional.

Ada banyak cara dalam meningkatkan keterampilan menjadi perawat profesional, salah satunya dengan kegiatan pembelajaran Field Trip. Melalui model pembelajaran Field Trip ini akan memberikan kesempatan pendampingan dan bimbingan kepada mahasiswa secara langsung untuk dapat beradaptasi dengan baik terhadap situasi klinik dan lingkungan klinik, terjadi transfer pengetahuan, sikap dan keterampilan perawat klinik kepada mahasiswanya terkait peran dan tugas seorang perawat, mendapatkan role model, mendapatkan feedback pembelajaran klinik serta memberikan kesempatan pendelegasian kewenangan secara bertahap kepada mahasiswa.

Selain untuk meningkatkan kemampuan dalam menjadi perawat profesional, kegiatan Field Trip diharapkan dapat mengurangi kejenuhan dalam situasi pembelajaran di kelas, meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa, dan menampilkan perilaku profesional yang dimiliki oleh profesi seorang perawat.

Atas dasar tersebut, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Cirebon mengadakan “Kegiatan Study Tour & Field Trip ke RSJ Soerojo Magelang dan PSIK FKIK UM Yogyakarta” yang dilaksanakan pada tanggal  26 – 27 Juni 2019. Mahaiswa yang mengikuti kegiatan Field Trip tersebut merupakan mahasiswa semester IV yang berjumlah sekitar 55 orang dan didampingi oleh 8 dosen Ilmu Keperawatan.

Pada kunjungan hari pertama mahasiswa mengunjungi RSJ. Soerojo Magelang. Selama kunjungan Field Trip mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru terkait masalah keperawatan jiwa dan skill merawat pasien dengan gangguan jiwa yang disampaikan langsung oleh perawat bangsal di RSJ. Soerojo. melalui pemaparan materi dan diskusi di ruang auditorium. Setelah pemaparan materi dan diskusi, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok guna untuk mengikuti kunjungan langsung kepada pasien yang sedang dirawat di bangsal. Disaat kunjungan langsung ke pasien, mahasiswa mencoba untuk mengasah skill keperawatan dalam berkomunikasi dan pengkajian kepada pasien dengan gangguan jiwa.

Data Kampus

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON

Jln Fatahillah-Watu Belah Tlp: (0231) 204276
KEC. Sumber
KAB. Cirebon
PROV. Jawa Barat
KODE POS 45611

Agenda