SEKILAS INFO
22-10-2020
  • 1 bulan yang lalu / Wisuda S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners serta pegambilan sumpah Profesi Ners dilaksanakan secara online Sabtu 19 September 2020
  • 1 bulan yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru Fikes Universitas Muhammadiyah Cirebon masih dibuka sampai tanggal 30 September 2020
2
Agu 2019
0
FIKES UMC Buka Prodi S1 Gizi

Cirebon (2/8/2019) Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Riset dan Teknologi ( DIKTI) melalui Lembaga Layanan DIKTI (L2DIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten menyerahkan SK Perizinan Pendirian Program Studi S1 Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC). Dengan demikian bertambah menjadi 3 (tiga) Program Studi di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan. Sebelumnya sudah berdiri Program Studi S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, serta Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan.

Sebagaimana hal tersebut Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) mendapatkan amanah dari  DIKTI untuk turut membangun masyarakat yang madani dalam sektor kesehatan khususnya bidang Gizi. Gizi sendiri di Indonesia  merupakan permasalahan yang krusial karena dilihat dari Riset Kesehatan Dasar oleh Kementerian Kesehatan RI bahwa angka STUNTING (balita pendek dan kurus) dan masalah gizi lainya yang meningkat tiap tahunnya serta berbagai macam penyakit bisa didapatkan dari pola makan dan asupan gizi yang tidak benar. Salah satu faktor lainya adalah karena Pengetahuan dan Informasi yang masih kurang maksimal di lingkungan masyarakat.

Ilmu Gizi merupakan cabang ilmu kesehatan yang berkonsentrasi pada asupan makanan yang bagaimana agar tubuh tetap sehat dan produktif  artinya jangan sampai makanan yang kita makan justru menyebabkan penyakit atau memperparah penyakit.

Profesi Ahli gizi atau yang biasa disebut Nutrisionis atau RD (Registred Dietisien) adalah tenaga kesehatan yang bertugas  memberikan rancang menu makanan dan  saran serta informasi kepada pasien tentang makanan yang sebaiknya di konsumsi oleh pasien baik dalam kedaan sehat untuk pencegahan  pemcegahan penyakit hingga perawatan atau tahap pasca perawatan tergantung dari penyakit yang di derita oleh pasien. Profesi Nutrisionis bisa di bilang masih langka karena tidak sebanyak profesi kesehatan yang lain seperti: perawat, bidan maupun dokter. Maka dari itu masih banyak kesempatan untuk generasi -generasi muda bangsa calon ahli gizi untuk menjadi ahli gizi yang Islami, Professional, Mandiri serta Unggul di Bidang Penelitian.

Fakultas Ilmu Kesehatan UMC mulai tahun 2019 membuka kesempatan untuk calon mahasiswa gizi memperoleh pendidikan S1 Gizi yang learning outcome-nya akan menjadi ahli gizi atau Nutrisionis.

Pendaftaran bisa di lakukan di Kampus II UMC

Jl. Fatahillah, Watubelah-Sumber Cirebon

Mulai Agustus – September 2019

Jalur PMDK / UMUM

DAPATKAN HAK ISTIMEWA ANGKATAN PERTAMA!

 

Data Kampus

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON

Jln Fatahillah-Watu Belah Tlp: (0231) 204276
KEC. Sumber
KAB. Cirebon
PROV. Jawa Barat
KODE POS 45611

Agenda